sekilas info

Driving License

P1020298
naik motor, jgn lupa bawa SIM😉

Sesuai rencana, hari ini adalah hari dimana aku harus berkunjung ke Polres Kulon Progo yang baru. Baru karena lima tahun yang lalu alamatnya tidak di sini, melainkan di dekat rel kereta api. Tempat yang baru ini agak jauh dari pemukiman penduduk maupun perkantoran yang lain, boleh dibilang berada di tengah sawah.

Maksud dan tujuan kedatanganku cuma satu. Bukan untuk ngecengin pak polisi, bukaaannn!😆 Tapi untuk mengurus perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang sudah habis masa berlakunya sehari yang lalu.

Ada yang perlu diperhatikan manakala hendak melakukan perpanjangan SIM di sini, aku punya saran untuk kalian: Jangan tertipu oleh calo! Pokoknya kalau mau tanya tentang hal apapun, cari petugas yang mengenakan seragam.

Agar prosesnya cepat dan tidak perlu ribet di sana, sebaiknya kalian sudah well-prepared. Dandan yang cantik atau ganteng dari rumah biar foto di SIM yang baru tampak bagus. Bawa serta SIM asli dan fotokopinya satu lembar serta fotokopi KTP satu lembar.

Surat kesehatan juga tidak boleh lupa. Bisa cari di Puskesmas terdekat atau dilakukan di sana tidak masalah. Sebelah barat jalan depan Polres (dari pintu masuk nyebrang ke selatan) ada tempat khusus untuk cek kesehatan. Paling hanya ditanyai berat badan, tinggi badan, pakai kacamata atau tidak, cek tekanan darah, dan cek buta warna.

Setelah itu, beli map warna biru di toko sebelahnya. Semua berkas dimasukkan ke dalam map dan diserahkan ke loket pendaftaran. Tunggu sampai dipanggil untuk membayar dan diberi formulir yang harus diisi.

Jika formulir sudah diisi, serahkan ke bagian foto. Tunggu lagi sampai dipanggil untuk verifikasi data diri, foto, sidik jari, dan scan tanda tangan. Sekitar 15 menit kemudian, kalian akan dipanggil lagi untuk pengambilan SIM yang baru. Selesai.

Rincian Syarat Perpanjangan SIM dan Biayanya

No

Syarat

Jumlah

Biaya

1

SIM asli

 

2

Fotokopi SIM

1 lembar

 

Rp 2.000, 00

 

3

Fotokopi KTP

1 lembar

4

Map biru

1 pcs

5

Surat Kesehatan

1 lembar

Rp 20.000, 00

6

Formulir dan Bukti Pembayaran

Rp 75.000, 00

7

Parkir

Rp 1.000, 00

TOTAL BIAYA

Rp 98.000, 00

Rincian ini berlaku hanya di Polres Kab. Kulon Progo loh, entah kalau di tempat yang lain. Juga hanya untuk perpanjangan SIM C dan kita datang ke sana menggunakan motor (bukan pakai mobil atau angkot). Hehe.

February 08, 2014
Mushola Polres Kulon Progo, 11.20 am

9 thoughts on “Driving License

  1. di sini punya SIM biayanya ribuan Euro, nggak sehari jadi namun minim 3 bulan, kl benar lulus ujian teori plus praktek kl nggak lulus lulus ya bisa berbulan bulan dan hrs bayar beribu ribu Euro bahkan mungkin nggak bakal dpt SIM kl emang ngak pernah lulus, beda bgt ya ? di sana bgt sgt mudah dpt SIM😛

    Namun bisa juga dilihat bgt jauh perbedaan keadaan jalanan lalu lintas dan pengendaranya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s