Uncategorized

Serial Comdis #1

taken from photos.uc.wisc.edu

Ini hari Senin, awal bulan Maret. Menurut informasi yang kubaca di grup PSPA ’14, jadwal praktikum Comdis untuk golongan A-1 adalah hari ini jam 07.00 WIB. Sementara menurut peraturan yang disampaikan pak Rifki pada saat asistensi, praktikan harus hadir 10 menit sebelum praktikum dimulai. Itu artinya, aku harus berangkat dari rumah maksimal pukul 05.50 WIB.

Kalau saja bukan karena motivasi menuntut ilmu, siapalah yang mau melakukan perjalanan sejauh 80 km sepagi itu. Apalagi akhir-akhir ini Kulonprogo dinginnya luar biasa di kala pagi.

“Bismillah. Niatkan hanya karena menuntut ilmu dan beribadah kepada-Mu. Maka, ridhoilah langkah kakiku.”

Konon katanya, praktikum Comdis adalah praktikum ter-hectic sepanjang sejarah kuliah di Farmasi. Benarkah? Ini membuatku penasaran. Dulu aku paling suka praktikum Farmasetika, meracik obat, sedikit mirip dengan praktikum Comdis.

Dan ternyata…..

Bolehlah ini menjadi praktikum paling menguras energi. Haha. Ternyata, untuk ukuran anak FST yang skrining resep saja masih kagok, ini bener-bener ujian. Waktu tinggal 30 menit, aku masih berkutat dengan perhitungan dosis (bagian dari skrining farmasetis), belum masuk skrining klinis, apalagi bikin sediaan.

Tapi tenang saja, kebetulan dosen jaganya baik. Membiarkan kami tidak menyelesaikan sediaan, cukup dengan diskusi dan sharing saja tentang kesulitan yang kami hadapi.

Kesimpulannya, praktikum hari ini ‘belum’ seheboh yang kubayangkan. Aku masih bisa bernapas lega manakala tahu bahwa tak satupun dari kami berempat belas yang rampung sampai bikin sediaan. Kompak, semuanya baru melakukan skrining resep.😆

Butuh perjuangan yang lebih keras untuk minggu depan. Harus ada kemajuan, minimal bisa menyiasati waktu yang sangat terbatas untuk bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Memang, ini praktikum yang paling membutuhkan keterampilan, pembiasaan, dan ketelitian. Tak lupa, butuh mental baja agar tak perlu mengeluarkan air mata kalau dapet dosen yang (maaf) killer.

Oke, sampai jumpa di Serial Comdis edisi pekan depan.😉

March 03, 2014
Lab MFFM I FF UGM, 09.05 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s