Farmasi · Health Corner

Golongan Darah O Mudah Terkena PUD (Peptic Ulcer Disease)?

taken from http://www.medicinenet.com

Kuliah Farmakoterapi beberapa minggu yang lalu membahas mengenai tukak peptik atau biasa dikenal dengan PUD (peptic ulcer disease). Pembahasan mengenai faktor resiko PUD, selintas dikatakan bahwa tukak duodenum lebih sering terjadi pada orang bergolongan darah O. Nah, ini yang bikin penasaran. Why?

PUD didefinisikan sebagai luka (erosi mukosa sama dengan atau lebih dari 0,5 cm) pada daerah saluran gastro intestinal yang biasanya asam dan terasa sangat sakit. Etiologi penyebab PUD sebagian besar karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan NSAID dalam jangka lama (misalnya aspirin dan ibuprofen), konsumsi alkohol, merokok, penyakit (sirosis hati, pankreatitis kronis, hipertiroid, Zollinger Ellison syndrome), dan stress. Pada sumber lain dikatakan bahwa stress atau makanan pedas tidak menyebabkan PUD, tetapi keduanya dapat membuat tukak semakin buruk. Stress akan meningkatkan produksi asam lambung, dimana merupakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan H. pylori.

Sekilas Mengenai H. pylori

H. pylori menurunkan pertahanan mukosa lambung dan duodenum, sehingga asam dan bakteri tersebut mengiritasi lapisan di bawah mukosa (termasuk sel epitel dan pembuluh darah) menyebabkan luka (ulcer). H. pylori bisa bertahan hidup di suasana asam karena ia mensekresikan enzim urease yang menetralkan asam. Urease disekresikan oleh bakteri, dikonversi menjadi ammonia dan karbon dioksida, mengelilingi bakteri dengan lapisan alkali yang menetralkan asam. Urease juga penting dalam menyebabkan inflamasi pada lamina propria, sebagai tanda infeksi H. pylori kronis.

Lalu apa hubungannya dengan golongan darah O?

Beberapa publikasi ilmiah menyebutkan bahwa kejadian PUD banyak terjadi pada orang bergolongan darah O. Tetapi belum mampu menjelaskan korelasi golongan darah dengan kasus PUD. Beberapa investigasi juga menyimpulkan bahwa ada hubungan antara golongan darah O dan kemungkinan lebih besar terkena PUD, tetapi gagal menjelaskan kausalitasnya.

Sementara itu, penelitian yang lain mencoba menjelaskan hubungan ini. Golongan darah O dinyatakan memproduksi lebih banyak asam klorida, dimana hal ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya duodenal ulcer. Pada orang bergolongan darah O, ikatan antara H. pylori dengan sel epitel meningkat sehingga meningkatkan pula terjadinya reaksi inflamasi. Level serum pepsinogen lebih tinggi pada orang bergolongan darah O daripada golongan darah lainnya sehingga meningkatkan resiko PUD.

Ada juga yang menerangkan bahwa sel golongan darah O memproduksi IL-6 dan TNF-α yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lain. Peningkatan IL-6 dan TNF-α berhubungan erat dengan konsentrasi bakteri, OMP (outer membrane protein), dan peningkatan adesin. Namun, data-data ini belum cukup menjelaskan apa hubungan golongan darah O dengan kejadian PUD.

Several H. pylori adhesins have been described that bind to Lewis b antigens with terminal fucose residues (found in humans with blood group O), to sialic acid-lactose residues and to phosphatidylethanolamine, a glycolipid receptor on the gastric antral mucosa. The adhesin binding to blood group O-specific antigens may help explain the predisposition of people with blood group O to peptic ulcer disease and gastric adenocarcinoma.

Jadi, hubungan antara golongan darah O dengan resiko PUD yang lebih tinggi melibatkan reaksi antigen. Kesimpulan sementara yang saya ambil adalah orang bergolongan darah O memiliki sifat spesifik berkenaan dengan genetiknya, dimana hal ini menyebabkan golongan darah O memicu sekresi asam lambung dan pepsin  lebih banyak sehingga koloni bakteri H. pylori berkembang lebih pesat. Selain itu, pada orang bergolongan darah O terjadi ikatan bakteri H. pylori dengan sel epitel yang lebih erat sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya peptic ulcer.

Demikian, jika ada kesalahan dalam tulisan ini, silakan dikoreksi.

2 thoughts on “Golongan Darah O Mudah Terkena PUD (Peptic Ulcer Disease)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s