Farmasi · Kuliah Profesi

Diskusi Kompre

Ada moment tatkala kita perlu menunjukkan dominasi. Ada moment tatkala kita harus diam membatu. Ada pula moment tatkala yang terbijak adalah lari. Dan dibutuhkan insting jitu untuk menentukan moment manakah yang tengah kita hadapi. [Dee, Partikel]

Cukup menarik. Kutipan di atas sesungguhnya merupakan tips menghadapi hewan liar. Tak ada korelasinya dengan kasus diskusi kompre. Tapi coba lihat, setiap kata yang ada di sana sangat mirip dengan pengalamanku dua minggu ini.

Diskusi kompre kasus pertama. Semacam mendapat surprise, awalan yang buruk kukira. Satu kelompok dengan makhluk-makhluk bernama cowok dan aku cewek sendiri di sini. Menjadi minoritas pada saat start itu sungguh menyebalkan.

Diskusi kompre kasus kedua. Kelompokku ganti, kali ini lebih berwarna. Tentu saja aku bukan cewek sendirian di sini. Dan, aku sudah cukup belajar banyak dari diskusi kasus pertama kemarin. Ini warming up yang sesungguhnya. Aku mulai mengambil porsi –yang cukup banyak kukira. Tapi ada masalah di sini.

Menjadi pemimpin, itu sangat tidak mudah. Berbagai isi kepala, egoism, kepentingan, ambisi, kesamarataan, kesempatan untuk unjuk diri, berbaur menjadi sangat kompleks untuk menyelesaikan kasus yang sangat kompleks pula. Ah, ini diskusi paling stress.

Diskusi kompre kasus ketiga. Ini saatnya untuk melesat lari, kawan. Benar-benar sangat menyenangkan. Aku seperti menguasai apa yang tengah kuhadapi. Tidak sia-sia dengan apa yang kulakukan pada saat diskusi kasus kedua, di sini kecepatan lariku semakin sempurna. Tapi sayang, sifat asliku mulai tampak. Terlalu dominan. Dan ini pertanda buruk.

Diskusi kompre kasus keempat. Sepertinya aku harus belajar mengendalikan diri. Menunjukkan eksistensi sekaligus memberi kesempatan pada yang lain. Kukira, hari ini cukup luar biasa. Tak terlalu dominan, tapi juga tak membatu diam. Wow, ini prestasi. Selamat menemukan dirimu kembali, Pu.

Let’s say, Alhamdulillah…. Diskusi kompre PSPA FF UGM sudah selesai. Kini saatnya istirahat sejenak untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian yang sesungguhnya, tanggal 9 Juni nanti. Selamat belajar, sampai ketemu di ruang ujian.

Doakan aku, teman.

2 thoughts on “Diskusi Kompre

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s