Uncategorized

Randomized-5

I’m bored!

Kuliahku sudah lama berakhir. Satu setengah bulan terakhir aku menjalani diskusi kompre dan ujian profesi. Minggu ini bahkan sudah memasuki minggu kedua ujian 2. Sekarang aku sudah jarang ke kampus, kecuali untuk mengecek nilai ujian 1 dan mungkin mengulang beberapa ujian yang hasilnya kurang memuaskan, dalam tanda kutip: “belum mendapatkan nilai A”.

Sebenarnya aku cukup bersyukur, dari 13 mata kuliah yang sudah keluar aku hanya perlu mengulang ujian pada 2 hari saja. Itu artinya, semakin jarang aku pergi ke kampus. Dan ini sangat membosankan.

Gara-gara kejadian nilai Pharmaceutical Care dimana aku satu-satunya orang yang mendapatkan nilai A, teman-teman kelasku sering mencandaiku seperti ini:

“Hei mbak Puji, ngapain kamu ke sini? Kamu kan udah dapat A, pulang saja sana.” 

“Hahaha, akhirnya aku melihatmu di sini. Jarang banget aku liat kamu ikut ujian 2.”

Dan yang paling ekstrim, salah seorang teman melihatku di bawah tangga Unit IV. Waktu itu aku sedang menunggu nilai Farmakokinetika Klinik keluar. Dia seperti melihat hantu. Beberapa kali menoleh kepadaku seolah tak percaya bahwa yang sedang duduk di sana adalah benar-benar aku.

“Mbak Puji? Ah, gak mungkin. Aku gak percaya. Pasti ini gak mungkin.” Lalu berlalu begitu saja. Aku pun bengong.

Semacam itulah. Dan biasanya aku hanya tertawa menanggapi mereka.

Aku tidak tau apa saja yang mereka bicarakan di grup WA kelas profesi. Tetapi dari sikap mereka terhadapku akhir-akhir ini, aku bisa menebak bahwa mereka sempat membicarakanku pasca kejadian itu. Dan kupikir ini terlalu berlebihan.

It’s OK. Mungkin ini semacam balas dendam. Setelah aku mengalami masa-masa yang buruk mengenai nilai akademik S1, kali ini aku tampak berbeda. Seperti ‘mencari spirit yang hilang‘, aku berusaha keras untuk mengembalikan masa-masa kejayaan zaman SD-SMP dulu. Mengembalikan semangat yang sama seperti waktu itu.

Dan. Aku semakin mengerti. Untuk menjadi yang terbaik, kita hanya perlu fokus pada suatu hal, berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menguasainya, memahami setiap detailnya, kejar rasa penasaranmu sampai ketemu akar-akarnya, cintailah apa yang menjadi tujuanmu, lalu jadilah master pada ‘suatu hal’ itu.

Tak ada waktu lagi untuk bicara politik. Biar ia menjadi urusan para ahlinya. Aku hanya perlu mengamati, menentukan pilihan terbaik, dan pergi ke TPS tanggal 9 Juli nanti.

Tak ada waktu lagi untuk menghadirkan momen-momen melancholic, seperti cinta misalnya. Haha, katakan selamat tinggal padanya. Aku lebih nyaman hidup tanpa direcoki oleh hal-hal remeh temeh semacam itu.

Aku hanya akan mengejar, apa yang ingin kukejar. Selamat berlari dan tangkap peluangmu. Aku tidak tau, tantangan apa lagi yang akan menyambutku.

9 thoughts on “Randomized-5

      1. hehe, mas Danni kangen kita-kita ya?
        iya sih udah jarang, waktunya gak se-luang dulu, banyak yang musti dikerjain
        kayaknya sih falzart sama si el juga sibuk tuh…

Leave a Reply

