Inspirasi

Eneagram Tipe 5

Berdamai dengan rasa bosan. Barangkali itu judul yang menarik untuk hari-hari yang kulalui selama internship di sini. Tiba-tiba saja aku kembali menenggelamkan diri dengan buku-buku. Novel-novel ber-genre thriller dengan ketebalan beratus-ratus halaman menjadi sangat penting untuk bisa bertahan dua bulan di sini, tanpa pekerjaan yang berarti.

Hingga suatu akhir pekan yang menyebalkan, ketika air di kos tak mengalir (lagi) –hampir setiap akhir pekan, air PDAM di kos selalu mati-, aku menyempatkan diri membaca buku Eneagram dan mengikuti semua kuisnya. Skor yang kudapatkan cukup mirip, meski tidak 100 persen benar sesuai dengan ‘aku yang sebenarnya’.

Tipe

Karakter Skor

5

Pengamat

16

1

Perfeksionis

12

3

Pengejar Prestasi

11

8

Pejuang

11

6

Pencemas

10

9

Pendamai

9

7

Petualang

7

4

Romantis

7

2

Penolong

5

Tipe 5 sangat dominan dan Oh, God! Ternyata aku bukan tipe penolong. Sama sekali bukan tipe penolong, kuakui itu. Karena tipe 5 menang kali ini, aku hanya ingin bercerita sedikit tentang tipe pengamat ini.

Tipe pengamat dimotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui dan memahami segala sesuatu, merasa cukup dengan diri sendiri, dan tidak terlihat bodoh. Sisi baiknya, tipe 5 adalah seorang analitis, berpendirian teguh, sensitif, bijaksana, objektif, mudah memahami, dan mandiri. Sisi jeleknya, tipe 5 ini sok pintar, kikir, keras kepala, menjauhkan diri, mengkritik orang lain, mudah menyerah, dan sering bertentangan dengan orang lain.

Bagaimana bergaul dengan tipe 5?

Mandirilah. Jangan nempel terus. Bicaralah to the point. Aku butuh waktu sendirian untuk mengatur perasaan dan pikiranku. Jika aku kelihatannya jauh, tidak mau mendekatkan diri, atau sombong, itu artinya aku sedang merasa tidak nyaman. Buat agar aku merasa diterima, tapi jangan terlalu menggebu karena aku mungkin malah meragukan ketulusanmu. Jangan mendekatiku dengan berisik. Aku tidak suka pesta besar, emosi yang melelahkan, dan pelanggaran terhadap privasi.

Orang bilang aku baik hati, mudah memahami, berpikiran terbuka, mandiri, dan bisa dipercaya. Tapi jangan salah, aku juga suka mendebat, curiga, menarik diri, dan sering bertentangan dengan orang lain, memasang kuda-kuda terhadap orang yang mencoba menguasai.

Karir

Tipe 5 banyak berkecimpung di sektor ilmiah, teknis, atau sektor intelektual lainnya. Mereka memiliki kemampuan analitis yang kuat dan bagus dalam problem solving. Tipe 5 dengan sayap yang condong ke tipe 4 biasanya menjadi konselor, musisi, seniman, atau penulis. Tipe 5 umumnya senang bekerja sendiri dan termasuk pemikir yang independen.

Pada waktu senggang suka membaca buku, mempelajari suatu topik dengan mendalam, memancing diskusi, datang ke konser, museum, dan kuliah. Mengikuti permainan yang menantang kecerdasan dan sekolah ke luar negeri untuk mempelajari budaya dan kebiasaan asing.

That’s totally me!

Terlepas dari benar tidaknya konsep Eneagram ini, tapi banyak yang mirip kok. Aku cukup terhibur dengan membaca buku ini. Cukup menarik sebagai bahan bacaan di akhir pekan, sebelum menghadapi hari-hariku bergumul dengan Departemen Produksi yang ribet dengan kostum ala astronot-nya. Hehe.

[Office, menjelang sore di akhir pekan]

22 thoughts on “Eneagram Tipe 5

    1. internship doang mas, baru dua bulan jalan
      di Karanganyar
      kuliahnya udah kelar, tapi ujian kompre masih lama

      itu aku baca dari bukunya mas, judulnya Eneagram karya Renee Baron & Elizabeth Wagele

Leave a Reply

