Uncategorized

Endeavour

Tiga per empat November.

Genap enam hari saya menikmati aktivitas baru saya di rumah. Kesibukan internship yang sudah semacam lari estafet itu pun tergantikan dengan kesibukan rumahan; mencuci, nyetrika, bersih-bersih. Peralihan yang cukup ekstrim dari zona hectic ke zona selow. Tapi sungguh saya orang yang mudah sekali bosan. Termasuk bosan dengan aktivitas rumahan yang sangat nyaman, damai, dan tenteram itu. Saya ingin segera kembali menjadi “orang sok sibuk”.😀

Membuka-buka file lama, di antara berkas-berkas aplikasi studi master saya setahun lalu, tak sengaja saya temukan sebendel kertas tentang beasiswa LPDP. Saya ingat betul, kertas itu diberikan seseorang di sebuah gazebo, di taman Fakultas Farmasi, tepat di depan Unit IV. Tapi sayang, kertas itu terlupakan.

Ingatan saya kembali ke masa itu, saat saya sangat berambisi untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Hmm, terkadang saya merasa bahwa sesuatu yang terlihat pasti itu masih harus dibarengi dengan kesiapan diri. Waktu itu saya terburu-buru, berharap “cling” turun keajaiban dari langit.

Hari ini saya tergoda untuk melakukan hal baru. Memperbaiki kesalahan setahun yang lalu. Tapi saya harus ingat, betapa ada hal yang harus saya tuntaskan dulu di sini. Hal pertama adalah menyelesaikan studi profesi apoteker yang inshaAllah tinggal 4 bulan lagi. Hal kedua adalah menunaikan amanat ibu, bekerja dulu sebelum kuliah (lagi). Hal ketiga adalah…. ah, sudahlah. Fokus saja menyelesaikan yang ini, baru kemudian mencoba yang berikutnya.

To start something is always important, but continuing to the end something that has been started is all needed to make all the efforts meaningful.

Saatnya menyudahi santai-santai saya seminggu ini. Mulai merencanakan kembali apa yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Bayangkan ujian kompre sudah di depan mata, harus bisa mempertahankan capaian semester lalu. Biar Allah ridho dengan kelapangan waktu yang dipergunakan tanpa kesia-siaan.

Sepertinya, saya harus kembali menyusun jadwal.

[Kulon Progo, 01:25 pm]

8 thoughts on “Endeavour

Leave a Reply

