Hobby

Waktu Favorit untuk Baca Buku

taken from http://www.lintas.me

Kemarin, 06 Desember saya telah menyelesaikan Reading Challenge 2014 dari Goodreads. Targetnya memang gak banyak sih, untuk tahun 2014 ini saya hanya membuat target baca 24 buku dengan asumsi setiap bulan minimal harus merampungkan dua buah buku, jumlah halaman diabaikan.

Saya mengikuti Reading Challenge sudah sejak 3 tahun yang lalu, dimana tahun 2012 saya berhasil menyelesaikan tantangan dengan 52 buku, jauh melebihi target sebanyak 144%. Sedangkan tahun 2013 saya gagal menyelesaikan tantangan. Ini akibat kesombongan saya dengan memasang target terlalu tinggi tanpa memperhatikan kesibukan lainnya.

Belajar dari kegagalan, tahun ini saya tidak memasang target yang terlalu muluk. Kegiatan saya toh tidak hanya membaca buku, masih banyak hal-hal lain yang perlu saya kerjakan. Lagipula saya tidak bisa membaca buku dengan serampangan asalkan kelar dibaca, tetapi saya selalu butuh waktu untuk mengendapkan apa yang sudah saya baca. Mungkin dengan mempraktekkan ilmu yang saya dapat dari buku itu atau bahkan menggali ide lebih dalam lagi untuk membuat sebuah tulisan yang terinspirasi dari buku yang sedang dibaca.

Bagaimana caranya agar bisa konsisten menyelesaikan Reading Challenge yang sudah dibuat di awal tahun?

Kalau saya sih, cukup meluangkan waktu-waktu khusus untuk membaca. Tidak perlu lama, yang penting jumlah halaman yang terbaca selalu bertambah setiap harinya. Ini penting terutama untuk buku-buku tebal dengan ratusan halaman. Jangan sampai ada satu hari pun yang terlewatkan tanpa membaca buku. Pengalaman saya, jika terlalu lama jeda dalam membaca sebuah buku, maka akan membutuhkan waktu yang lama pula untuk loading menarik benang merah dari bagian yang sudah terbaca dan bagian yang belum dibaca. Jadi, semacam ODOJ (one day one juz) dalam membaca Al Quran, barangkali kita juga perlu berkomitmen untuk membaca buku, misalnya “1 day 100 pages“.

Biar gak mudah bosan, apalagi jika buku yang dibaca kurang menarik, saya biasanya memilih waktu-waktu terfavorit untuk baca buku. Di antara waktu favorit saya untuk membaca buku adalah saat sarapan. Ini kebiasaan kurang baik sih, bisa mempengaruhi pencernaan, tetapi mau bagaimana lagi? Saya tidak bisa sarapan dengan khusyuk hanya terfokus pada hidangan dan jumlah kunyahan yang dilakukan gigi geraham. Saya membutuhkan suatu pengalih perhatian saat sedang makan dan pilihan terbaik tentu saja buku.

Selain saat sarapan, waktu favorit yang lainnya yaitu saat menunggu. Semua sepakat kan kalau menunggu itu selalu membosankan? Membaca buku adalah cara paling efektif untuk membunuh kebosanan. Entah itu saat menunggu antrian, menunggu kedatangan teman, menunggu dosen masuk kelas, menunggu hujan reda, dan menunggu yang lain-lain.

Terakhir, waktu favorit saya juga untuk membaca buku adalah menjelang tidur. Setelah jenuh belajar, lelah beraktivitas seharian, cari posisi relax di tempat tidur, pasang headset di telinga, dan mulailah membaca buku yang disuka. Jangan memutar lagu berirama cepat, cukup dengan musik instrumental yang slow (kalau pilihan saya sih akustiknya Depapepe). Beberapa menit kemudian, saya pastikan anda akan tertidur dengan perasaan damai. Ini juga salah satu tips menghindari insomnia. Trust me, it works!😆

Nah, itu waktu-waktu favorit saya untuk membaca buku. Gak penting sih, tapi saya yakin setiap orang yang suka membaca buku pasti punya waktu favoritnya. Kapan waktu terfavorit kamu untuk membaca buku?😎

7 thoughts on “Waktu Favorit untuk Baca Buku

    1. Ah, Ziy… Track recordmu di Goodreads dan blog buku-mu itu sudah mengungkapkan segalanya.
      Saya belum ada apa-apanya.😀
      Btw saya jadi penasaran, gimana kamu menata buku-bukumu yang banyak banget itu?

      1. Ya ditaro di rak buku mba 😳
        Skrg ada dua rak buku sih, ahamdulillah belum penuh. Mau nambahin? #lha

  1. Wahhh saya kalo lagi makan mesti fokus mbaa hehe…kalo ga perut jadinya bersa rada2 aneh hehe

    Keren mba pujii target bacanya tercapaii…2015 menanti mbaa

    1. Iya, memang seharusnya begitu. Fokus saat makan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
      Alhamdulillah, semoga 2015 juga bisa menyelesaikan target baca buku meskipun hanya sedikit. 😀

Leave a Reply

