Farmasi · Health Corner

Mengenal Lebih Dekat “Jerawat”

taken from http://www.advancedskinwisdom.com

Siapa yang gak pernah jerawatan? Gak usah tunjuk jari, karena saya yakin setiap orang pasti pernah mengalaminya. Baik yang sekedar jerawat numpang lewat maupun jerawat bandel yang bikin frustasi karena mati satu tumbuh seribu. Eh.

Apa itu jerawat?

Acne vulgaris atau lebih populer disebut jerawat merupakan penyakit peradangan kronis pada unit pilosebasea akibat androgen yang menyebabkan peningkatan produksi sebum, hiperkeratinisasi, peradangan, dan kolonisasi bakteri dari folikel rambut pada wajah, leher, dada, dan punggung oleh Propionibacterium acnes.

Jerawat pada umumnya muncul pada wajah, tetapi bisa juga muncul di dada, punggung, leher, dan bahu. Sifatnya self-limiting disease, bisa sembuh dengan sendirinya meskipun ada beberapa yang terjadi komplikasi fisik jangka panjang sehingga menyebabkan scarring (luka yang membekas) dan sifatnya permanen.

Apa yang menyebabkan timbulnya jerawat?

Penyebab utamanya belum diketahui secara pasti, tetapi ada dugaan kuat bahwa jerawat merupakan penyakit multifaktorial. Faktor genetik, iklim, aktivitas hormon, stress, iritasi kulit, diet, dan kosmetik merupakan beberapa faktor yang diketahui dapat memicu timbulnya jerawat.

Apa gejala dan tanda adanya jerawat?

Gejala yang mungkin dialami antara lain nyeri jika disentuh, terkadang terasa panas. Lesi non inflamasi berupa komedo tertutup (whitehead) dan komedo terbuka (blackhead). Lesi inflamasi berupa papula, pustula, nodul, dan suppurative nodul.

Papula adalah lesi meradang berupa benjolan kecil, menonjol, ukuran diameter sekitar 1 cm yang terasa sakit jika disentuh. Pustula adalah jerawat berisi nanah yang terbentuk dalam folikel dan kelenjar keringat. Nodul adalah benjolan besar dan keras tepat di bawah kulit, jika dikelupas dapat meninggalkan unsur-unsur yang menyebabkan benjolan besar kembali lagi. Sedangkan suppurative nodul banyak orang menyebutnya kista atau bisul.

Tatalaksana Terapi Jerawat

Terapi Non-Farmakologi

Menghindari faktor-faktor pemicu acne antara lain stress, paparan sinar matahari langsung, suhu yang panas, dan kosmetik. Selain itu juga hindari mencuci wajah terlalu sering dengan pembersih wajah yang mengandung toner dengan alkohol karena dapat menyebabkan iritasi dan timbulnya jerawat.

Terapi Farmakologi

Treatment jerawat berbeda-beda tergantung pada level keparahan penyakit yang dialami. Untuk bisa membedakan tingkat keparahan jerawat, silakan dikonsultasikan ke dokter.

First line therapy secara topikal menggunakan retinoid topikal dan antibiotik topikal. Retinoid topikal di antaranya adalah tretinoin (derivat vitamin A untuk mengurangi inflamasi), adaplene, tazarotene, benzoil peroksida (agen bakteriostatik dan bakterisida), dan azelaic acid (untuk mild-moderate acne yang tidak bisa mentoleransi benzoil peroksida). Sedangkan antibiotik topikal yang bisa digunakan adalah eritromisin dan klindamisin. Eritromisin dapat mengurangi jumlah asam lemak bebas pada sebum, sedangkan klindamisin akan menghambat Propionibacterium acnes, kombinasi dengan benzoil peroksida dapat meningkatkan efikasi.

Second-line therapy secara topikal bisa menggunakan isotretionin dan agen keratolitik (asam salisilat, sulfur, resorsinol). Biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap karena adanya hidrogen sulfida.

Untuk terapi oral digunakan antibiotik, tapi tidak akan saya tuliskan di sini. Sebagaimana kita tahu bahwa penggunaan antibiotik oral tidak boleh dilakukan sembarangan karena akibatnya bisa fatal. Oleh karena itu, bagi penderita moderate-severe acne yang tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Jangan memutuskan sendiri penggunaan obat-obat oral khususnya antibiotik tanpa pengawasan dari petugas kesehatan.

Demikian, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat “Jerawat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s